Diesel
yang dulu dianggap kurang mumpuni dalam akselerasi pun, kini sudah jadi
incaran. Termasuk dengan harga yang relatif lebih mahal, sekitar Rp400
juta, juga masih diburu. Sebut saja Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Dua produk ini kerap kali ditemui di jalanan.
Eksterior
Pajero Sport masih keren dan nikmat dipandang, terutama pada buritan belakang. Fortuner
tampilan belakang tidak terjadi perubahan yang signifikan, model depan
sudah terlihat sporty.Toyota memiliki model Fortuner yang dirasa sudah
cukup sedap dipandang dan Pajero Sport hadir dengan nuansa gagah. Mobil
ini mendapatkan peremajaan dalam bentuk minor change pada velg, sen di
spion dan chrome pada lingkar luar foglamp.
Interior
Yang menarik pada Toyota Fortuner
ada pada head unit yang cukup canggih di kelasnya. Head unit lengkap
dengan layar sentuh, pemutar DVD, Bluetooth dan koneksi USB beserta AUX
input, selebihnya sama saja seperti model sebelumnya. Sedangkan Interior
Pajero Sport terasa lebih menyenangkan, terutama pada desain dashboard,
door trim dan jok kulit yang terasa mewah. Penumpang Pajero Sport juga
dihibur oleh kualitas Audio yang baik dan MID yang interaktif di atas
dashboard.
Perfoma Mesin
Pajero
Sport memiliki akselerasi yang halus, dan ketika melakukan kick down
ada sedikit jeda baru tenaga mesin dapat dirasakan. Terutama jika kita
memainkan transmisi otomatis CVT mulai dari gigi terbawah, Sedangkan
Toyota sangat cerdas dalam memanfaatkan ketinggalan tenaga mesinnya
dengan menggunakan karakter mesin yang responsive. Lalu bagaimana dengan
mesin versi atasnya? Toyota menyebutnya dengan VN (Variable Noozle)
Turbo Intercooler yang mendongkrak tenaga hingga 144 Hp, dan Mitsubishi
dengan nama VGT (Variable Geometry Tubro) dengan 178 Hp. Untuk Pajero
Sport tidak hanya perbedaan mesin, tapi perubahan mencakup transmisi
automatic 5 percepatan dengan paddle shift, rem cakram pada roda
belakang dan pilihan penggerak roda 4 pada tipe ini. Sedangkan pada
Toyota Fortuner mengalami penambahan lubang angin pada kap mesin dan
penambahan logo VN Turbo pada pintu belakang.
Fitur
Untuk
Pajero Sport anda dibekali dengan MID yang lengkap dengan informasi
perlengkapan untuk menjelajah, hanya saja dalam bentuk digital, lalu jok
kulit pengaturan AC double blower dengan digital, juga transmisi
triptonic. Untuk tipe Dakar telah dilengkapi dengan Mitsubishi Power
Sound System dengan subwoofer, headlamp washer, transmisi 5 percepatan,
rem belakang dengan cakram. Untuk tipe 4×4 sudah dilengkapi dengan
sunroof depan. Sedangkan pada Fortuner untuk tipe bensin dilengkapi
dengan kamera mundur pada head unitnya.
Baca Juga : Siapa Motor Sport Sejati? " All New Honda CBR250RR vs Yamaha YZF-R25R vs New Kawasaki Ninja 250 vs Suzuki GSX-R250 "
Baca Juga : Siapa Motor Sport Sejati? " All New Honda CBR250RR vs Yamaha YZF-R25R vs New Kawasaki Ninja 250 vs Suzuki GSX-R250 "
Safety
Keduanya
telah dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti dual SRS Airbag, ABS,
EBD dan BA. Untuk Pajero Sport Dakar mobil ini dilengkapi dengan
peranti pengereman yang lebih mantap dengan piringan cakram di belakang.
Akomodasi
Perbedaanya ada pada kountur kursi yang dirasa lebih nyaman pada Mitsubishi Pajero Sport,
namun pada kursi baris tengah kurang begitu lebar jika dibandingkan
Toyota Fortuner. Berbalik kepada bangku belakang, disini terjadi
perbedaan yang sangat signifikan diantara keduanya.
KESIMPULAN
Fortuner kembali memenangkan komparasi ini. Harus diakui, Pajero Sport
memang kuat dalam performa. Namun, Fortuner unggul di beberapa poin
lainnya seperti desain eksterior yang lebih manis, lebih praktis dan
lebih mudah dikendalikan.
PERBANDINGAN HARGA
EmoticonEmoticon